10 Pekerjaan (Lagi) yang Sebentar Lagi Akan Digantikan Mesin & Robot (Bagian 2)

Setelah sebelumnya saya sudah mengulas 10 pekerjaan yang sebentar lagi akan digantikan mesin dan robot (untuk melihat beritanya, bisa Anda baca di sini  ), maka berikut ini saya akan tampilkan 10 pekerjaan lain lagi yang juga sebentar lagi akan digantikan oleh mesin. Pekerjaan apa sajakah itu?

1. PENGASUH BAYI
Sudah sangat umum jika keluarga masa kini punya Pengasuh Bayi, terlebih jika keluarga itu memiliki beberapa bayi yang masih kecil. Kehadiran Pengasuh Bayi akan terasa sangat membantu sekali. Namun dengan munculnya kasus penculikan atau penganiayaan yang dilakukan Pengasuh Bayi, banyak orang tua yang sekarang sangat kuatir jika pengasuhan anaknya diserahkan kepada Pengasuh Bayi. Tidak sedikit orang tua yang sakin takutnya dengan Pengasuh Bayi, mereka sampai harus memasang CCTV dan merekam setiap gerak-gerik Pengasuh Bayi yang mereka pekerjakan.

Sepertinya kekuatiran itu sebentar lagi akan lenyap. Pasalnya beberapa perusahaan Jepang telah merilis Robot Pengasuh Bayi yang bertugas menghibur dan menjaga bayi. Saat itu robot-robot tersebut telah digunakan oleh banyak super market di Jepang, dan difungsikan untuk menjaga dan menghibur para bayi selama orang tuanya berbelanja.

Meski kehadiran robot itu hanya sebatas memastikan bayi tidak menangis saja, tapi ide ini sedang dikembangkan, dank diharapkan dalam waktu dekat, para ilmuan dapat menciptakan sebuah Robot atau robot berbentuk manusia (Cyborg) yang tidak saja mampu menjaga bayi, tetapi juga dapat mengganti popok, memandikan, mengajak bermain, bahkan mengetahui kondisi bayi jika sedang sakit atau lapar. Dengan kehadiran Cyborg, diharapkan para orang tua tidak kuatir lagi meninggalkan anaknya di rumah, ditemani Pengasuh Bayi.



2. PENGACARA
Saat ini pekerjaan Pengacara merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan, karena mereka bisa membantu menyelesaikan berbagai masalah legal para kliennya. Dan tentu saja biaya pemberesan masalah itu sangatlah tinggi, sehingga tidak semua orang bisa memakai jasa Pengacara.

Tapi dalam waktu dekat, jenis pekerjaan ini mungkin akan tergantikan oleh mesin. The New York Times baru-baru ini melansir berita tentang perilisan sebuah program yang dibuat oleh perusahaan Blackstone Discovery, di mana program itu dapat menganalisa 1.5 juta dokumen dalam waktu singkat. Program itu mampu membuat analisa dari sudut pandang legal kemudian mengolahnya menjadi bahan yang dapat digunakan untuk keperluan pengadilan. Dengan data-data yang dibuat program tersebut, maka dapat dipastikan proses persidangan akan berjalan sangat singkat. Tidak akan ada lagi sesi Pembacaan Perkara dari Jaksa, Pembacaan Pembelaan dari Terdakwa, Naik Banding, dan sesi-sesi lain yang sangat melelahkan serta berkepanjangan (juga mahal...!!!). Semuanya sudah dipangkas oleh program itu, dan semuanya sudah diungkap dengan jelas oleh program tersebut.

Dengan demikian, dipastikan waktu peradilan di masa depan akan jauh lebih singkat dan keputusan hakim akan sangat cepat. Dan pastinya, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk meminta bantuan Pengacara membela kita. Karena toh data dan informasi sudah sangat lengkap tersedia oleh program.



3. TENTARA
Ketika perang terjadi, banyak prajurit yang ditugaskan untuk terjun ke medan laga. Meski perjuangan mereka di medan perang selalu mendapat penghargaan, tapi tidak ayal banyak dari mereka pulang dengan kondisi tidak lengkap akibat perang (kehilangan tangan atau kaki akibat ranjau, buta karena kena pecahan granat, paru-paru tertembus peluru, dan lain-lain). Kondisi ini menjadi perhatian para ahli, yang kemudian mencoba mengembangkan prajurit robot.

Mungkin kedengarannya mirip seperti cerita fiksi ilmiah ala film Terminator, tapi faktanya memang sudah terjadi, dan pasukan robot sudah ada. Foster-Miller, sebuah perusahaan robotik Amerika Serikat, sejak 10 tahun terakhir telah mengembangkan program pasukan robot yang disebut MAARS (Modular Advanced Armed Robotic System). Pasukan ini telah diuji-coba dan diturunkan dalam perang melawan Irak waktu itu. Pasukan robot tersebut dilengkapi dengan monitor GPS dan dapat diprogram untuk melakukan banyak fungsi militer (menembak jarak jauh - menengah - dekat, melempar granat, mengenali musuh, bahkan menyelamatkan korban perang yang terluka).



4. TUKANG POS / PENGIRIM PAKET
Dari hari ke hari, jumlah pengguna fasilitas pengiriman surat via kantor pos sudah cukup berkurang. Bahkan menurut US Postal Service saja, rata-rata pengguna kantor pos turun 28% setiap tahunnya. Dengan kondisi seperti ini, kemungkinan besar semua orang di dunia tidak akan lagi menggunakan kantor pos di tahun 2022 mendatang. Hal ini dikarenakan banyak orang yang telah menggunakan fasilitas pengiriman dokumen dan surat melalui internet.

Belakangan ini pula, para ahli sedang menciptakan mesin yang dapat digunakan untuk memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain (Transporter). Mesin yang ideanya diambil dari film Star Trek ini, masih terus dikembangkan karena dirasa sangat diperlukan. Dan bisa dipastikan, jika mesin tersebut bisa dengan sukses memindahkan barang, bisa dipastikan dalam waktu dekat, semua orang akan mengirimkan paket melalui mesin tersebut, karena akan lebih aman, lebih cepat, dan akurat.



5. PEKERJA MEDIA CETAK
Hampir semua media cetak saat ini sedang mengalami masalah, karena pembeli produk mereka dari hari ke hari makin menurun. Ini terjadi karena saat ini sudah banyak bermunculan media online yang menyajikan berita jauh lebih cepat. Meski belum seakurat media cetak, tapi sudah makin banyak orang yang beralih ke media online. Kekuatan dari media online adalah berita yang ditampilkan selalu lebih cepat dibandingkan media cetak. Jika media cetak butuh waktu beberapa jam untuk bisa menampilkan berita "terhangat" mereka, maka media online hanya butuh beberapa menit (bahkan detik) untuk bisa menyajikan berita mereka. Meski keakuratan media online masih sering dipermasalahkan, tapi masyarakat sepertinya tidak keberatan dan tidak terlalu perduli. Yang penting mereka bisa mendapatkan informasi terbaru lebih dulu.

Media online juga disebut sebagai media yang ramah lingkungan, karena tidak menggunakan kertas maupun produk alam untuk penulisan beritanya. Hal ini menjadi alasan kuat lain mengapa masyarakat - yang kini makin perduli lingkungan - makin menyukai media online.

Dan dengan adanya pembatasan penebangan hutan di beberapa negara, produksi kertas dunia akan semakin berkurang. Dan pengurangan ini akan berdampak pada jumlah produksi media cetak. Dengan ditambah semakin sedikitnya pembaca media cetak, maka hanya menunggu waktu saja untuk melihat media cetak akan berhenti dan berubah menjadi media online.



6. MARKETING & SALES
Untuk bisa mempromosikan suatu produk, maka banyak perusahaan yang mempekerjakan Divisi Sales dan Marketing. Divisi inilah yang bertugas memasarkan produk, mencari pelanggan, dan menjual produknya. Pendapatan perusahaan sangat tergantung dari performansi masing-masing staf Marketing & Sales. Jadi tidak heran jika para staf tersebut digenjot habis-habisan untuk mengejar target penjualan perusahaan.

Tapi mungkin cara ini sebentar lagi akan ditinggalkan. Hal ini dikarenakan kondisi perekonomian saat ini yang sudah tidak sebaik dulu. Ditambah lagi, masyarakat sudah harus bergerak lebih cepat dan tidak ada waktu lagi untuk mendengarkan promosi dan penjelasan para Sales tentang produk yang mereka tawarkan.

Dunia masa kini adalah dunia digital. Sehingga guna menyiasati waktu mereka yang makin pendek, masyarakat memanfaatkan fasilitas ponsel cerdas mereka. Mengikuti tren saat ini, beberapa perusahaan telah mengubah strategi dan tidak lagi melakukan sistem pemasaran dan penjualan konvensional seperti itu lagi, dan sudah memanfaatkan aplikasi ponsel untuk promosi dan penjualan produk.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah muncul toko-toko online. Bahkan "mal digital" semacam Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain sudah makin ramai di dunia maya (kondisi yang berbeda dengan dunia nyata di mana makin hari makin banyak mal yang makin sepi...).Ditambah lagi banyak Blogger yang juga turut membantu promosi produk (dengan menggandeng beberapa produk tertentu untuk menjadi sponsor dan aviliasi mereka), sehingga mendongkrak angka penjualan suatu produk.



7. DOKTER BEDAH
Untuk beberapa kondisi kesehatan tertentu, mau-tidak mau seseorang harus menjalani operasi atau pembedahan. Tidak ada kepastian operasi tersebut sukses atau gagal, karena semuanya sangat tergantung dari keahlian Dokter Bedah yang menangani sang pasien.

Tampaknya sebentar lagi pasien calon bedah tidak perlu ragu-ragu lagi dalam menjalani operasi, karena kelak operasi (baik besar maupun kecil) akan dilakukan oleh robot. Meski masih banyak orang ragu, tapi diprediksi opeasi menggunakan robot memberikan kepastian kesuksesan operasi mencapai lebih dari 90%. Mengapa? Karena sepanjang proses pembedahan, Robot dapat mengetahui semua indikasi kondisi pasien yang dibedah (tekanan darah, detak jantung, perubahan suhu tubuh, kondisi jaringan internal, bahkan perasaan emosional pasien).

Pada tahun 2007, University of Illinois menjadi universitas pertama yang melakukan operasi pankreat rektomi dengan robot. Operasi itu berjalan sukses dan berhasil. Hasil ini semakin menguatkan keinginan para ahli untuk mengembangkan robot yang lebih baik dan sempurna yang dapat melakukan operasi yang lebih rumit lagi.



8. ARSITEK & KONTRAKTOR
Sudah nonton film Big Hero 6? Di film itu dikisahkan ada seorang anak remaja bernama Hiro yang menciptakan sebuah produk bernama Microbot. Bentuk Microbot kecil dan banyak. Microbot bisa dikendalikan menggunakan tenaga pikiran, dan dapat mengkreasikan benda apapun yang dibayangkan oleh pengendalinya.

Anda bisa bilang kalau itu hanya cerita animasi doang. Hei... lupakah Anda kalau ponsel yang Anda miliki saat ini pun dulunya juga terinspirasi dari serial televisi Star Trek (1966)? Jadi jangan heran, kalau 30 tahun lagi pekerjaan Arsitektur mungkin akan jadi pekerjaan jadul yang akan dilupakan orang. Dengan teknologi Microbot, siapapun bisa jadi arsitektur. Mereka hanya membayangkan apa yang mereka maui, dan jadilah bendanya.

Jika sekarang kita butuh Kontraktor untuk dapat merealisasikan gambar yang dibuat Arsitek, maka di masa depan bisa jadi fungsi Kontraktor sudah bisa digantikan oleh Robot.

Bayangan saya cara kerjanya akan seperti ini : Pengguna Microbot akan membayangkan barang yang dibuat, kemudian Microbot akan merealisasikannya dalam bentuk gambar 3 dimensi. Gambar tersebut akan direkam ke dalam server, kemudian program mendata material yang dibutuhkan berikut jumlah dan harganya. Setelah semua material dibeli, maka melalui gambar virtual masih buatan Microbot, para robot dikerahkan untuk membangun desain tersebut. Dan robot-robot bisa bekerja 24 jam tanpa henti, untuk merealisasikan bangunan yang Anda impikan.

Saat ini mungkin baru sebatas imajinasi. Tapi tunggulah 30 tahun lagi....



9. CHEF
Mungkin Anda tidak akan percaya, tapi yakinlah kalau dalam waktu dekat, peran Chef akan tergantikan oleh Robot. Bulan Mei 2015 silam, para ilmuan merilis BakeBot, robot yang mampu membuat kue-kue kering. Takaran dan komposisi kue yang dibuatnya sangat pas dan mendekati sempurna.

Kemampuan robot tersebut menjadi satu pembuktian bahwa para ahli telah berhasil menciptakan robot yang mampu memahami rasa dan selera konsumsi manusia. Jika membuat kue yang membutuhkan takaran dan pengerjaan yang detil saja bisa dilakukan robot dengan sempurna, apalagi masakan ala Chef Bintang Lima?



10. AKUNTING
Mungkin Anda tahu kalau belakangan ini sudah bermunculan banyak program Akunting yang mumpuni dan sangat membantu dalam pembuatan Jurnal, Laporan Finance, dan laporan keuangan lain untuk kepentingan perusahaan. Meski program itu sudah ada, namun masih saja butuh manusia untuk melakukan pengecekan manual, guna memastikan kebenaran laporan tersebut. Karena itu hingga hari ini staf Akunting (maupun Perusahaan Akunting Publik) masih dibutuhkan.

Tapi menurut Brad Merrill, Jurnalis Future Tech, tidak lama lagi, peran manusia sebagai Akunting akan digantikan oleh mesin. Hal ini dikarenakan program-program Akunting yang muncul belakangan ini telah semakin canggih dan sempurna. Program seperti Freshbooks dan TurboMax bahkan dapat menghasilkan laporan Akunting dan Finance yang sempurna dengan tingkat kesalahan yang sangat rendah.

Kemunculan program Akunting itu telah membuat banyak perusahaan di dunia mengurangi jumlah staf Akuntingnya secara signifikan. Dan pengurangan staf Akunting ini akan terus berlanjut di tahun-tahun depan, seiring dengan munculnya program-program Akunting yang semakin canggih dan sempurna.

Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"